--> Skip to main content

Aturan BLT Desa kini lebih sederhana dan besarannya naik

Penyerahan Dana BLT

Risalahrakyat.com-Kementerian Keuangan kembali merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Pengelolaan Dana Desa melalui PMK Nomor 50/PMK.07/2020 yang berlaku mulai 19 Mei 2020. Revisi PMK tersebut bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa).
BLT Desa diberikan kepada keluarga miskin atau tidak mampu di desa yang tidak menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Kartu Prakerja.
Baca Juga : BLT Dana Desa Diperpanjang 

Durasi bantuan ditambah, dari sebelumnya hanya tiga bulan menjadi enam bulan.
Tiga bulan pertama, seperti dilangsir dari setkab.go.id, Rabu (27/5), warga diberikan dana sebesar Rp600.000, tiga bulan berikutnya diberikan Rp300.000.
 BLT Desa diberikan paling cepat mulai bulan April 2020.
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima total BLT Desa sebesar Rp2,7 juta atau naik Rp900.000 dari aturan sebelumnya. Karena ada penambahan durasi bantuan, anggaran BLT Dana Desa pun naik dari Rp21,192 triliun menjadi Rp31,789 triliun.(alinea)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar