--> Skip to main content

Daerah Mana Saja di Provinsi Jambi yang Bisa Terapkan New Normal? Ini Penjelasan Gugus Tugas

Daerah Mana Saja di Provinsi Jambi yang Bisa Terapkan New Normal? Ini Penjelasan Gugus Tugas


KABARNEGERI.COM, JAMBI-Langkah persiapan pelaksanaan tatanan kehidupan baru (New Normal) di Provinsi Jambi nampaknya sudah dimulai. Ini ditandai dengan akan disusunnya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penerapan new normal di Provinsi Jambi sebagai pedoman pengusulan New Normal bagi kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Ditanyakan sejauh mana dan kapan Pergub ini bisa dijalankan, Juru bicara gugus tugaa Covid19 Provinsi Jambi Johansyah menyebut semua baru dimulai. ‘‘Sekarang baru diagendakan rapat dengan OPD teknis, nantinya baru kita undang kabupaten/kota, untuk target selesai Pergub sendiri masih tentatif,’‘akunya.

Selain itu terkait New Normal Johansyah merujuk pada pesan Presiden RI terkait pra kondisi yang ketat, sosialisasi seluruh masyarakat yang masif, penggunaan masker, jaga jarak, cuci tangan hindari kerumuman dan tingkatkan imunitas.
Untuk penentuan waktu/pemberlakuan nantinya penting sekali.

‘‘Ini sebagai kalkulasi hitungan dasar data dan fakta lapangan, data epidiemologi, tingkat kepatuhan, kesiapan manajemen daerah, kesiapan daerah dalam pengujian masif, pelacakan agresif, dan fasilitas kesehatan yang memadai hingga konsolidasi yang harus terjalin dari pusat daerah dan tingkat desa,’‘ paparnya.

Kemudian ditanya terkait dengan nantinya daerah mana saja yang dimasukkan dalam persiapan new normal ini Johansyah belum menjawab.

Ini sangat penting karena di Provinsi Jambi kini ada Zona hijau, zona kuning dan daerah yang belum masuk zona.

Zona kuning atau risiko rendah disampaikan Johansyah berdasarkan informasi dari BNPB zona merupakan hasil evaluasi tim pakar Epidemiologi, kesehatan masyarakat, sosial budaya, enonomi kerakyatan dan keamanan. Zona kuning ini untuk mempersiapkan pelaksananaan aktivitas masyarakat produktif dan aman Covid19,
‘‘Daerah yang masuk zona kuning atau risiko rendah yakni Tanjab barat, Sarolangun, Batanghari, Bungo, Tanjabtim, Kota Jambi dan Tebo,’‘ sampainya.

Sedangkan kabupaten yang dinyatakan tak terdampak Covid19 atau zona hijau hanya 1 daerah. Yakni Kabupaten Kerinci. Dari Jumlah 11 Kabupaten di Provinsi Jambi tertulis dalam rilis hanya 1 daerah yang tidak terdampak, yakni Kabupaten Kerinci dengan jumlah penduduk tertulis sebanyak 24.1572 dan jumlah usia diatas 45 tahun sebanyak 72.879.

Sementara terkait tiga kabupaten yang tak masuk daftar kuning dan hijau, yakni Merangin, Sungai Penuh dan Muaro Jambi Johansyah tak bisa berspekulasi. ‘‘Baru itu saja yang bisa ditulis, kita masih menunggu info dari pusat,’‘ jelasnya.

Sementara menurut sumber terpercaya di Pemprov Jambi mengatakan, rancangan pergub New Normal masih dalam usulan pembentukan tim perumus pergub tersebut. Namun sumber juga tak bisa menentukan kapan Pergub ini akan selesai dan bisa dijalankan nantinya. (aba) (Sumber)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar