--> Skip to main content

GEGER!! Terekam CCTV, Pria di Jambi Curi 3 Kotak Amal Masjid Berisi Rp 11 Juta

Potongan gambar CCTV pencurian kotak amal masjid di Jambi. (Istimewa)
Risalahrakyat.com - Seorang pria terekam kamera CCTV mencuri kotak amal masjid di Kota Jambi. Pelaku masuk ke masjid dan melarikan uang belasan juta rupiah yang dikumpulkan selama 5 bulan.

 "Kotak amal itu ada 3 yang diambilnya, dua kotak amal dibawanya kabur, dan 1 kotak amal lagi di bobol gemboknya oleh pelaku. Uang yang diambilnya itu kisaran Rp 11 juta dari keseluruhan kotak amal yang dicuri itu. 

Uang yang dikumpulkan selama 5 bulan itu rencananya untuk biaya operasional masjid dan renovasi," kata pengurus masjid, Dirgo, kepada detikcom, Senin (8/6/2020). 

 Pencurian kotak amal itu terjadi di Masjid Ramadhan Jalan Pinang Merah, Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Jumat (5/6) subuh. Berdasarkan CCTV, pelaku sendirian masuk melalui jendela masjid itu terlihat santai saat mengambil seluruh uang kotak amal masjid.

Pelaku juga terlihat menggunakan penutup wajah dan menggunakan kaos hitam dan celana panjang saat beraksi. Usai masuk ke dalam masjid, pelaku mencari keberadaan kotak amal dengan menaiki tangga dan memantau ke semua area. 

"Setelah tak berselang lama, pelaku ini akhirnya mendapatkan kotak amal yang diletakkan tepat di bagian sebelah imam masjid. Kotak amal yang dicurinya itu ada 3 kotak amal, yang 2 kotak amal uangnya kisaran Rp 500 ribuanlah.

Tetapi kalau yang kotak amal satu lagi yang digembok itu uangnya cukup banyak hampir 10 jutaan lebih, total keseluruhan semua uang yang dicuri Rp 11 juta," ujar Dirgo. Dari tayangan CCTV itu, pelaku juga terlihat dua kali memasuki masjid. 

Setelah membawa kabur 2 kotak amal, dia lalu membobol kotak amal ketiga menggunakan gunting besi. Pelaku bahkan terlihat memasukkan uang pecahan kertas ke dalam tas dan juga ke mukena perempuan untuk menampung uang. 

 "Cuma saat itu pelaku ini hanya meninggalkan uang recehan koin yang semuanya hanya bertotal Rp 100 ribu. Pelaku ini sepertinya sangat mengetahui lokasi dan situasi masjid, karena aksinya begitu santai dan berani jalankan aksinya berulang dalam waktu yang bersamaan saat mencuri seluruh uang kotak amal masjid," jelas Dirgo. 

Pihak pengurus masjid sedang berupaya melaporkan kejadian pencurian kotak amal masjid itu ke polisi. 

Semua warga sekitar dan pihak pengurus masjid berharap pelaku dapat segera ditangkap sebelum uang curian itu habis di tangan pelaku. 

"Harapannya kita kan bisa ditangkap secepatnya pelaku itu. Dan saya juga selaku pengurus masjid juga meminta maaf kepada semua warga atas kejadian ini, sebenarnya kita mau membuka uang di dalam kotak amal itu, tetapi kan harus ada saksinya agar tidak timbul fitnah. Sekarang kita berharap pelaku bisa segera ditangkap," ujarnya. (detik.com)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar