--> Skip to main content

Ini Respon Plt Kepala BKD Terkait Isu Ada Pelantikan Pejabat Pemprov Jambi Dalam Waktu Dekat

Ini Respon Plt Kepala BKD Terkait Isu Ada Pelantikan Pejabat Pemprov Jambi Dalam Waktu Dekat
Ilustrasi. (Net)


KABARNEGERI.COM, JAMBI – Beredar isu akan terjadi pelantikan pejabat eselon III dan IV di Pemerintah Provinsi Jambi pada waktu dekat. Kabar ini kencang terdengar di lingkungan Pemprov Jambi.

Untuk menjawab hal itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Pahari mengatakan, kabar tersebut tak benar adanya. Dirinya akhir-akhir ini memang banyak ditanyai terkait akan adanya pelantikan pejabat administrator dan pengawas.

Namun jika merujuk pada situasi terkini tak dimungkinkan adanya pelantikan. “Dalam waktu dekat ini tidak ada pelantikan atau pergantian pejabat,” sampainya kepada Jambi update.co, Senin (8/6).

Dia menegaskan, hal ini tak dimungkinkan karena berdasarkan pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, ditegaskan pada ayat 2 bahwa Kepala Daerah yang akan maju di Pilkada dilarang melakukan penggantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan, kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

“Dan hal tersebut juga dipertegas oleh Mendagri dengan SE No.273/487/SJ tanggal 21 Januari 2020,” jelasnya.

Namun demikian, Pahari menyebut bisa saja dimungkinkan dilakukan pengisian jabatan yang kosong karena tidak boleh terlalu lama jabatan kosong. Gubernur mempunyai kewenangan untuk melakukan pengisian jabatan yang kosong.

“Apabila Gubernur menghendaki kami di BKD siap menindaklanjuti. Saya tegaskan hal tersebut dapat dilakukan oleh Gubernur,” terangnya. (aba)(sumber)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar