--> Skip to main content

Menurut Pakar Ilmuan Skeptis Vaksin Virus Corona Bisa Tersedia dalam Waktu Dekat

Menurut Pakar Ilmuan Skeptis Vaksin Virus Corona Bisa Tersedia dalam Waktu Dekat
Ilustrasi vaksin Corona (Foto: BBC World)


Kabarnegeri.com, Jakarta - Para ilmuwan di seluruh dunia kini berlomba-lomba untuk menciptakan vaksin yang efektif untuk melawan virus Corona COVID-19. Berbagai vaksin pun sudah mulai memasuki tahap uji klinis pada manusia untuk melihat efeknya dan digadang akan selesai di akhir tahun ini.
Salah satu kriteria yang diamati adalah terbentuknya respons kekebalan yang berupa antibodi di dalam tubuh pasien. Namun, imunolog virus University of Guelph, Canada, Byram Bridle, mengatakan sangat tidak mungkin vaksin bisa tersedia dalam waktu yang singkat.

"Saya akan mengatakan itu sangat tidak mungkin," kata Bridle, yang dikutip dari Globalnews, Senin (22/6/2020).

Baca juga: Partai Emas!!! Partai Baru Yang Ingin Dibuat Oleh Wanita Emas 

Baca juga: Arab Saudi Akhiri Lockdown, Pelaksanaan Ibadah Haji Bakal Diizinkan?
"Alasan mengapa saya bicara hal itu karena ini (vaksin) sama sekali tidak bisa dikembangkan dalam periode waktu yang begitu singkat," lanjutnya.

Baca juga: Ayah Bunuh Kedua Anaknya Karena Dimintai Duit

Bridle mengatakan, dalam waktu 12-18 bulan itu baru masuk di tahap kerangka kerja dalam menemukan vaksin. Menurutnya, rata-rata sebagian besar vaksin membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk mengembangkannya.

Baca juga: Pria Penyerang Polisi Karanganyar Tewas Ditembak

"Bahkan dalam skenario kasus terbaik, secara historis, kami melihat kemungkinan pengembangan itu bisa saja selesai dalam waktu 4 tahun. Tapi jelas, tidak dengan satu tahun atau kurang dari itu," jelas Bridle.

Untuk saat ini, Bridle menganjurkan pemerintah di setiap negara untuk tetap menjaga jarak fisik dalam waktu yang lama. Ini dilakukan agar siap menghadapi kenyataan bila vaksin tidak bisa selesai dalam waktu dekat.
Sumber : detik.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar