--> Skip to main content

Ryuji Utomo - Berawal Dari The Jakmania

Ryuji ingin mewujudkan impian terbesarnya setelah bisa berkostum Persija Jakarta, untuk kali kedua.

Lahir sebagai anak asli Jakarta, Ryuji Utomo yang sudah menggeluti sepakbola sejak belia langsung menjadikan Persija Jakarta sebagai klub idolanya. Perjalanan karier yang dilalui Ryuji cukup berwarna. Ia pernah menimba ilmu bersama SAD Uruguay, hingga masuk bagian dari Persib U-21, yang notabene rival dari Persija.

Karier di luar negeri juga pernah dijalani sosok yang punya garis darah Jepang ini. Ia sempat bermain di Liga Bahrain bersama Al Najma, hingga Thailand untuk berkostum PTT Rayong.


Setelah menjalani karier dengan PTT Rayong pada 2018, Ryuji kembali membela Persija untuk kali kedua pada musim 2019 lalu. Dirinya yang semakin matang pun tentu punya target di tim ibu kota.

“Target saya paling dekat untuk Persija bisa membawa tim ini juara. Karena sudah diberikan kesempatan membela klub kota kelahiran, tentunya saya ingin memberikan prestasi untuk tim mau pun kota ini,” ujar Ryuji.
Kans pertama Ryuji untuk membela klub yang ia idolakan hadir pada musim 2017. Kala itu, Ryuji yang direkrut dari Arema FC hanya mencatatkan sembilan penampilan, dengan total 595 menit bermain.

Musim lalu, setelah ia semusim bermain di Thailand, menit bermain Ryuji dan kesempatan yang hadir bertambah secara drastis. Ia menorehkan 19 penampilan, dan membukukan dua gol dalam semusim.
Liga 1 2020 semestinya menjadi kesempatan pertamanya membela Macan Kemayoran secara dua musim beruntun. Namun kompetisi sedang rehat karena pandemi virus corona. Meski begitu, tekad Ryuji tetap sama.

“Dari kecil saya juga sudah jadi suporter klub ini. Sebelum ditonton the Jak, saya sudah jadi the Jak sejak kecil, pastinya tahu perasaan mereka ketika tim ini kembali meraih juara. Suatu kebanggaan juga buat saya nantinya bisa memberikan kontribusi prestasi untuk tim ini,” ungkap Ryuji.

Di bawah arahan pelatih Sergio Farias, Ryuji nampaknya mendapat peran yang menjanjikan. Hal tersebut terbukti dari dua pertandingan yang telah dilakoni Persija musim ini, dengan dirinya selalu menjadi pilihan utama pelatih asal Brasil tersebut.


“Maka dari itu saya harus fokus untuk kasih juara buat Persija. Dengan target seperti itu, saya tanamkan dalam diri harus bermain maksimal di setiap pertandingannya,” tandas pemain bernomor punggung empat ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar