--> Skip to main content

Lahan Bekas Pasar Angsoduo Yang Lama Sepi Peminat

Lahan Bekas Pasar Angsoduo Yang Lama Sepi Peminat
Doc.metrojambi

Kabarnegeri.com, Jambi- Lahan eks Pasar Angsoduo saat ini baru diminati oleh satu investor, yakni PT Simota yang juga mengelola mall WTC. Sementara untuk proses penenderan hingga konsep lahan milik Pemprov Jambi tersebut sejauh ini belum ditetapkan.

Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Daerah Provinsi Jambi Riko Febrianto mengatakan, sejauh ini proses lahan masih berkutat pada penyampaian minat investor saja.

Baca juga: HEBOH!!! Penangkapan Terduga Pengedar Narkoba Di Kota Jambi

"Sekarang investor baru tunjukkan minatnya, untuk konsep yang betul apakah RTH atau ekonomi (komersil) kita belum tahu sesuai atau tidak dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Jambi," ujarnya, Kamis (9/7/2020).

Riko mengakui jika saat ini baru ada satu Investor yang melirik lahan milik Pemprov tersebut, bahkan sudah pernah mengajukan gambar rencana.

Baca juga: Akhirnya DITEMUKAN Korban Tenggelam di Air Terjun Segerincing dan Langsung Dibawa ke Tebo

"Memang pernah ajukan gambar sebagai peminat lahan ini, mereka menjelaskan lahan ini akan dibangun seperti gambar, namun sampai saat ini Pemda belum proses gambar yang diajukan tersebut," sebut Riko.

Gambar yang diajukan Investor tersebut belum diproses karena belum ada tim lelang pemenang lahan yang terbentuk. "Ini karena harus ada tim pemilih pemenang pengelola aset, dan sekarang belum terbentuk karena belum ada proses lebih lanjut," kata Riko.

Baca juga: GAWAT!! Jembatan Jalan Lintas Tembesi - Sarolangun Retak, Pengendara Lewat Jembatan Darurat

Ditanya lebih lanjut terkait apakah lahan ini boleh diusulkan oleh investor dengan bentuk komersil (non RTH), Riko menyebut pihaknya belum bisa menjawab.

"Ini karena kita belum memproses tetapi kalau peminat tak apa usulkan konsepnya kan mereka menawarkan diri," bebernya.

Sedangkan untuk kondisi lahan yang tampak tak terurus, Riko mengakuinya. "Ia memang dilihat sekarang semak, nanti kita akan mintak OPD teknis mengatasi itu," ujarnya.

Terpisah, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj) Provinsi Jambi Sudirman mengakui sekarang baru satu investor yang berminat pada lahan eks pasar ini.

"Dan Investor ini sudah lama sampaikan dia berminat namun pembahasan belum jauh," kata Sudirman.

Kendati demikian, Sudirman mengatakan masih akan ditunggu calon investor lainnya, karena akan diadakan lelang yang tak mungkin hanya ada satu peserta. Meskipun kini panitia lelang lahan pasar belum terbentuk dan baru mendengarkan peminat lahan saja.

Namun Sudirman mengklaim tidak ada kendala perihal belum dibentuknya panitia itu. "Tak ada kendala, yang jelas kita tinggu kepastian peminat saja, tetapi peminat yang ada juga sudah kita sampaikan juga ke Gubernur, dan juga sempat dibahas di tim namun hanya sebatas itu," pungkasnya.

Sumber: metrojambi.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar