--> Skip to main content

Alhamdulillah harga karet Bungo merangkak Naik


Kabarnegeri.com, MUARABUNGO - Para petani karet dikabupaten Bungo saat ini sudah mulai bisa bernafas lega. Karena harga karet mulai merangkak naik, Rp 5.000 menjadi Rp 7.000 per kilogram atau naik berkisar Rp 2.000 per kilogram dari pekan lalu.
Seorang petani karet, Wagimin mengatakan, pekan lalu harga paling tinggi Rp 5.000 per kilogram.

“Alhamdulillah minggu ini naik sedikit menjadi Rp 7.000 per kilogram itu di pasar lelang. Harapannya semoga harga karet bisa baik lag. Karena kami makan dari hasil karet ini,” ucap Wagimin.

Baco jugo yang iko ha : 1 Rumah Di KUMPEH Terbakar, Seorang Bayi jadi Korban

Diceritakannya, dalam satu pekan dia mendapat 50 Kg karet, kalau cuaca bagus. Jika cuaca sedang tidak bagus, dirinya paling banyak hanya mendapat 45 Kg. Dirinya juga mengaku, hasil segitu tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup, anak sekolah dan kebutuhan lainnya.

“Harapan kami petani karet ini, bertahan berkisar Rp 10.000 per kilogram sudah sukur. Karena dengan harga segitu, bisa mencukupi bagi kami untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti apapun kondisinya, kami tetap bersyukur karena masih ada harganya,” katanya.

Hal senada disampaikan Hendri. Dia mengatakan, kondisi harga karet terus merangkak naik, meski hanya Rp 1.000. Dia selaku petani karet, tetap bersyukur.

“Karena mau kerja lain tidak bisa, inilah pekerjaan dari turun temurun di wilayah sini. Jadi tak ada pekerjaan lain selain kebun karet. Untung saja kami ada kebun karet sedikit, maka bisa digarap sendiri. Ya mau bagaimana lagi, kita cuma punya kebun karet jadi mau tak mau nyadap karet terus,” katanya.

Dia berharap, rakyat kecil bisa menikmati hasil dari penjualan karet dengan harga yang wajar.

“Karena kami hanya cari makan dan memenuhi kebutuhan hidup, bukan mencari kaya. Semoga mengenai harga karet ini, bisa dibantu oleh pemerintah,” kata Hendri. (mai/enn)

Sumber: jambi-independent.co.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar